Wednesday 30 December 2015

UKIRAN KEPALA KAMAR SET JENIS KERANG BESAR

UKIRAN KERANG BESAR
Kepala Kerang Besar

Salam sejahtera sobat ukiran kali ini saya membuat artikel tentang ukiran kerang besar. Yaa dari nama nya mungkin anda akan membayangkan sebuah ukiran yang berbentuk sebuah kerang. yups tepat sekali ukiran kerang besar memiliki ukiran yang berbentuk kerang pada bagian tengahnya. pada ukiran yang biasa digunakan untuk tempat tidur atau kepala almari ini dibalut dengan ukiran kelok meyerupai batang yang menjalar hingga menuju tengah. Dan ditengahnya akan di beri ukiran seperti kerang.

PROSES PEMBUATAN

Pada proses pembuatan tahapan yang harus dilalui terlebih dahulu adalah pengukuran Bahan. Nah, Bahan yang dipakai untuk tipe ukiran ini menggunakan Kayu seperti kayu Jati, Kayu Jilutung dan kayu Pulai, karna selain dari seratnya yang bagus bahan kayu tersebut memiliki ketahanan hingga bertahun-tahun. Untuk pembuatan Ukiran kerang besar ini saya menggunakan tipe kayu Jilutung karena serat yang lembut dan mudah dalam pemahatan ukirannya.


Untuk pola ukiran saya telah menyiapkan Mal setengah dari panjang kayu yang akan diukir agar
pembuatan ukiran kerang besar ini menjadi simetris. panjang kayu yang digunakan adalah 200 centi meter atau 2 meter. panjang tersebut saya gunakan untuk pembuatan kepala almari. sedangkan untuk kepala tempat tidur ya tergantung konsumen yang memesan tentunya.

Gambar dibawah ini merupakan hasil dari pemahatan yang telah selesai
Ukiran Kepala Kerang Besar


Setelah pemahatan selesai dilakukan tahap selanjutnya adalah menyisik bagian yang telah discroll menjadi lebih indah jenis pahat yang digunakan adalah pahat Kol atau penyuluh. Pahat Kol digunakan untuk membuat lengkungan agar pahatan melengkung kedalam. Dan untuk Finishing mengunakan Pahat V ( Coret ) dengan ukuran kecil. Pahat V ( Coret ) digunakan agar ukiran ujung ukiran seperti memiliki serat seperti daun. Dan yang terakhir adalah tahap pengamplasan agar ukiran tampak halus dan sisa - sisa pahatan yang menggunakan pahat kol dan pahat v memudar atau halus.
Pahakt Kol/ Penyuluh
Harga untuk satu ukiran Kepala Kerang Besar mulai dari  IDR. 200.000.00 harga tersebut belum termasuk pengecatan dan ongkos kirim. Nah Sobat Ukiran pada rumah ukiran ini, kami juga melayani jasa pengecatan ukiran langsung. Sekian dulu pembahasan tentang artikel Ukiran Kepala Kerang Besar mungkin artikel ini kurang jelas dan untuk info lebih lanjut mengenai Ukiran Kerang Besar ini anda bisa hubungi contact person +6281363998991 Pak Yahya

Wassalam

No comments:

Post a Comment